Singkatan ITIL adalah IT Infrastructure Library yang berfungsi untuk memastikan bahwa layanan IT dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
Apakah organisasi Anda saat ini mendapatkan salah satu dari masalah IT berikut ?
Pada dasarnya perbedaan utama adalah pada bagaimana disiplin inti yang terstruktur. Dalam ITIL v2, disiplin inti difokuskan pada :
Apakah organisasi Anda saat ini mendapatkan salah satu dari masalah IT berikut ?
- Para Tester jaminan mutu sering meninggalkan perusahaan.
- Para pengguna bugging pengembang untuk perangkat tambahan baru.
- Versi 12 dari Intranet terkadang digulung kembali ke versi 11.
Pada dasarnya perbedaan utama adalah pada bagaimana disiplin inti yang terstruktur. Dalam ITIL v2, disiplin inti difokuskan pada :
- Layanan Dukungan
- Layanan Pengiriman
Dan di dalam ITIL v3, disiplin inti difokuskan pada :
- Layanan Strategi
- Layanan Desain
- Layanan Transisi
- Layanan Operasi
- Peningkatan layanan terus-menerus
Sepertinya ITIL v3 menambahkan ekor untuk mengakhiri ITIL. Jika di ITIL v2, maka semua AOS tentang mendukung dan memberikan. Namun apa yang bisa dilihat di v3, dimulai dari jasa, merancang layanan untuk mendukung strategi, transisi layanan, mengoperasikannya dan akhirnya memiliki layanan perbaikan secara terus-menerus.
Proses pada ITIL v2 adalah operasional sedangkan pada ITIL v3 proses berfokus pada peningkatan pelayanan berkesinambungan melalui strategi yang telah dipikirkan secara matang.
Meskipun terlihat seolah-olah ada perubahan besar yang dibuat untuk ITIL v2, namun itu hanya benar jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas. Kuncinya pada proses seperti Ketersedian Manajemen, Manajemen Kapasitas, Manajemen Pelayanan Berkala dan sebagian lainnya tidak memiliki perubahan untuk itu.
Jadi kesimpulan posting ini adalah :
- Jika organisasi Anda tidak memiliki proses IT, maka Anda dapat mulai mengadopsi ITIL v3.
- Jika organisasi Anda telah mengadopsi ITIL v2, jangan khawatir. Anda tidak perlu reimplement lagi semuanya. Sebagai Manajer ITIL, Anda hanya perlu menyadari apa yang baru dan bagaimana Anda dapat menambahkan disiplin yang baru. Untuk semua yang Anda tahu, Anda mungkin sudah memiliki strategi yang bagus selama ini tetapi hanya tidak disorot dalam ITIL v2.
Email Extractor
BalasHapusmau tanya - tanya tentang ITIL dong, saya lagi tugas akhir tentang ini?
BalasHapusbisa hub kemana ya?
thankyouu
BalasHapus